Photobucket

Sunday, November 26, 2006


Kita dan Dunia Barat...

Gue tadi lagi nunggu'in attachment proposal yang lama banget kayaknya untuk di-upload, waktu gue li'at layar TV yang lagi ditonton sama bokap gue. Bokap gue lagi nunggu-nunggu Barclays English Premiere League, antara MU lawan Chelsea; peringkat pertama lawan peringkat kedua, partai yang sangat ditunggu-tunggu sama bokap gue.

Eniwei, pas gue nengok ke layar TV, ternyata lagi iklan NBA. Tiba-tiba, gue berpikir...

Di iklan itu, ada tulisan tentang Hukum Newton yang 3. Tau tentang apa? Tentang gaya aksi-reaksi. Dimana Newton bilang, untuk setiap (gaya) aksi, akan selalu menimbulkan reaksi. Kalo' di gambar di tegangan tali yang tergantung beban dibawahnya, gaya gravitasi yang bekerja pada beban, akan menimbulkan tegangan pada tali, yang arahnya berlawanan dengan gaya gravitasi. Gaya yang menahan ini menunjukkan seberapa kuat tali yang harus digunakan, supaya benda tersebut nggak jatoh. Hehehhe... fisika merupakan salah satu pelajaran yang gue suka banget selain matematika. Tentu saja, terlepas dari guru gue yang membingungkan itu :D

Gue waktu nonton iklan itu mikir, kenapa orang ESPN itu membuat iklan menggunakan sesuatu yang sangat ilmiah, untuk menarik peminatnya? Kalo' gue jadi si pembuat iklan, gue akan memberikan analogi yang sangat sederhana dan menarik; nggak berat seperti Hukum Newton 3 (menurut gue sih, untuk ukuran orang Indonesia, Hukum Newton cukup 'menyita' tenaga dalam berpikir. Kecuali untuk orang-orang yang physics-freak).

Gue kepikiran aja. Apakah memang berbeda 'mentalitas' audience? Maksud gue, mungkin untuk orang Indonesia, Hukum Newton 3 adalah satu hal yang nggak biasa. Tapi mungkin, bagi orang-orang di Dunia Barat sana, Hukum Newton 3 adalah sesuatu yang sanagt lazim untuk diketahui oleh berbagai kalangan.

Mmmm... apa emang perbedaannya sejauh itu????


ime'...

11 Comments:

Blogger Yenni said...

ngomong2, gaya gravitasi itu ke bawah ato ke atas seh? kok belum mudeng penjelasan elo ya?

5:38 PM  
Anonymous q2 said...

saya asli jawa barat dan juga gak ngerti kok mbak..

6:08 AM  
Anonymous yanti said...

yaa.. emang beda.. tingkat pendidikannya blom merata di sini.
gw rasa sih kalangan terpelajar pasti udah bisa ngerti iklan sejenis itu :)

2:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

iyah pendidikan di Indonesia emang blom merata.
bisa diliat dari pas gw ujian masuk stan..
mayoritas yang lulus orang pulau jawa

3:40 PM  
Blogger ime' said...

[yenni]
yah benernya, gue nggak pengen jelas'in banget-banget sih. cuman buat review aja :D gue pikir semua orang tau gaya gravitasi itu arahnya kemana. ke bawah bu ;)

[aaqq]
hehehhe... dasar GR. bukan barat situ bung :))

[yanti]
yah... gak juga sih. gue cuman mikir gini, iklan itu kan harusnya segala sesuatu yang sangat mudah dimengerti; yang istilahnya, fenomena yang kita temui sehari-hari. nah, kalo' ada iklan tentang Hukum Newton 3, itu artinya, masyarakat sangat mengerti akan esensi hukum itu sehingga mereka bisa menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.

bahkan gue rasa, kaum yang terpelajar pun nggak segitu familiarnya dengan hukum yang satu ini :D well, yah, tergantung kapasitas otak aja kali yah? :D

[spedaman]
heheheh... menyedihkan yah?

5:18 PM  
Anonymous Anonymous said...

Daku belum liat iklannya sih.. pake bhs indo apa enggres yak? Kalo enggress mungkin agak2x emang rada-rada gak tepat sasaran, tapi kalo pake bhs indo.. maybe that's a good thing that even people in Indonesia who are not familiar with this physic law malah jadi tau dikit-dikit, hehehe.

Hayoh, januari kita janjian makan2x lagi dimana neh?

Salam,
Fitripitri
www.saladmangga.com

7:44 PM  
Blogger ime' said...

[neng pitri]
bahasa enggres neng :D wong di ESPN :D

hehehehe...

januari??? mmmm... gue lagi pengen seafood nih :D Muara Karang yuks? :D

12:04 PM  
Anonymous vidya said...

hahaha... klo kita dikasih iklan begitu, bisa2 pada ga mudheng :-)

6:15 AM  
Anonymous Ash! said...

haduh lha wong tipinya ajah beda. kagak ESPN di tipi gw me' wahahaha...

7:34 PM  
Blogger ime' said...

[vidya]
kekekekekek... gue juga nggak mudheng :))

[ash!]
kekekekke... HBO yah?

2:09 PM  
Blogger Syah said...

banyak kok iklan luar yang berat2 tapi bermutu. celakanya, kadang suka dibajak ama orang indonesia.

2:55 AM  

Post a Comment

<< Home