Kiluan - Kecantikan Indonesia yang Berkilau

Pernah denger nama Kiluan? Kiluan itu adalah bahasa Lampung yang berarti minta. Konon sejarahnya, kiluan berasal dari permintaan seorang tokoh asal Banten atau Malaka, Raden Mas Arya, yang mengetahui kedekatan ajalnya. Permintaannya adalah pada saat ajalnya tiba, ia ingin dikuburkan di pulau yang dimintanya; yaitu pulau Kiluan. Menarik yah :)

Eh, tapi,
gue nggak nyalahin kalo' belum pernah denger. Even gue nyari-nyari petanya juga nggak dapet-dapet; yet, tempat yang satu ini exists dan cantiknya ajaib :) Kiluan adalah nama sebuah tempat di Lampung, berjarak sekitar 3-3.5 jam dari Bandar Lampung, 5.5-6 jam dari Bakaheuni, 8-9 jam dari Pelabuhan Merak atau lebih tepatnya lagi 12-13 jam dari Circle K Pancoran.

A long way to go indeed. Aksesnya yang off-road memakan bemper ELF yang kami tumpangi, namun hal tersebut tidak membuat kami gentar (ya udah kepalang tanggung juga, bung), kami pun mengarungi teluk Lampung sejauh 10 menit untuk mendarat di Pulau Kiluan atau yang sering juga dibilang sebagai Pulau Kelapa yang indahnya ajaib. Nggak cuman pantainya yang indah, pesona sunset dari sudut ini pun luar biasa kewrend *sial, gue pengen balik lagi nih ke sana!!!*.

Snorkeling nggak perlu pake' perahu, cukup di tepi pantai. Bintang laut berwarna biru amat sangat mudah dikenali dari permukaan; yes, it is indeed amazing.

Jangan lupa sewa Jukung untuk melaut ke tengah Laut (ya eyalah, masa ke tengah kota?) dan sapalah lumba-lumba 'liar' yang belum dilatih di Ancol tapi udah bisa muter-muter di udara dan loncat sana-sini. Gue suka banget dengan pemandangan Kiluan. Nggak ada di peta, tapi gue beruntung bisa bertamu ke pulau yang satu ini. Liat aja ni foto-foto kalo' kelean nggak pada ngeces *awas mejanya basah yaaa*


Foto-foto Kiluan gue yang ada di postingan ini diambil dari multiply gue dimana kalian-kalian juga bisa menyaksikan indahnya Kiluan :) *masih terngiang-ngiang laut biru-hijau-pasir putih dan lumba-lumbanya...* Indonesia itu cantik banget lho, guys... really... more than we ever know...

Click here for more photos :) *abis susah nih kalo' diatur-atur disini :D*. Oh iya, sejarah pulau Kiluan itu, saya dapatnya dari sini (secara disana nggak sempet interview :D).

Trip ini dipersembahkan oleh picnicholic ;)

ime'...

Comments

Popular Posts