Sumatera Barat: Paket Duo Keindahan Indonesia

Haloooooo dunia maya!!! Apa kabar???? Pastinya kabar baik :) In any kind of situations, gue yakin, pasti ada hal baik yang bisa diambil, iya nggak?

Well, anyway, gue mau cerita nih, tentang liburan gue yang baru aja gue jalanin seminggu yang lalu. Kali ini, gue pergi ke Sumatera Barat. Kenapa gue bilangnya ke Sumatera Barat? Kenapa nggak bilang ke Padang aja? Karena emang, gue di sana pergi ke banyak tempat, yang beberapa jauh dari Padang. Jadi, gue pikir, mendingan gue bilang gue pergi ke Sumatera Barat aja, biar jangkauannya lebih luas *kayaknya kok gue pernah denger tagline ini yah?*

Gue ke Sumatera Barat tanggal 24 November 2009 lalu dan kembali ke Jakarta tanggal 28 November 2009. You know what? Gue butuh waktu 5 hari, cuman untuk upload semua foto-foto yang gue ambil disana. Asli, Sumatera Barat itu keren banget!!! Udah gitu, sama-sama dapet wisata di dua moda-nya: darat-wise sama laut-wise. Sayangnya, waktu gue ke sana, gue nggak sempet mengunjungi begitu banyak pulau yang ada. Kesempatan lain kalo' gue dikasih ke sana, terutama untuk liburan, gue pengen banget eksplor pulau-pulaunya.

Berikut ini gue kasih itinerary gue selama di Sumatera Barat. Kemarin sih, gue jadinya nyewa mobil seharga Rp. 500.000 per hari, lengkap dengan supir dan ongkos nginep-nginep dia, plus bensin. Supirnya juga jagoan; dia tau jalan kemana aja, jadinya, gue sama temen-temen gue nggak usah repot.

Hari pertama: berhubung nyampe' Padangnya udah agak sorean (sekitar stengah empatan), gue dan travelmates gue memutuskan untuk berkeliling Padang sampe' malem. Hotel yang kami tempati juga deket banget sama Pantai Padang, makes everything simpler. Kita juga sempet liat beberapa hotel ternama yang hancur akibat gempa Sumatera Barat kemarin, yang kebetulan juga terletak nggak jauh dari hotel yang kami tempati.


Hari 2: inilah hari dimana kami memulai perjalanan kami ke Bukittinggi. Sebelum mencapai Bukittinggi, kami melewati lembah Anai, dimana terdapat air terjun di pinggir jalan (di pinggir jalan!), terus melaju hingga Danau Singkarak. Setelah menikmati ikan bilih (yang konon cuman hidup di Danau Singkarak), kami melanjutkan ke Istana Pagaruyung, Pandai Sikek, Koto Gadang terus sampai ke Bukittingi, dan menginap di sana.

Hari 3: rute di hari ini adalah Puncak Lawang (dimana kita bisa lihat Danau Maninjau dari atas - extremely gorgeous), Danau Maninjau, Ngarai Sianok, lanjut ke Lembah Harau yang berada di dekat perbatasan Sumatera Barat dan Riau. Asli, keren-keren lho booowww :D


Hari 4: waktunya kami untuk kembali ke Padang. Sebelum kami kembali ke Padang, kami mengitari beberapa tempat di Bukittinggi, seperti Jam Gadang, Pasar Atas, Fort de Kock dan kebun binatangnya, dan tak lupa, Taman Panorama dengan Gua Jepangnya. Sayangnya, Gua Jepangnya lagi ditutup untuk beberapa perbaikan. Perjalanan ke Padang kami menyempatkan diri untuk menyicip Sate Mak Syukur di Padang Panjang. Setelah itu, kami langsung ke Padang, mampir di Pantai Air Manis yang terkenal dengan legenda Malin Kundangnya lalu melihat-lihat dari Jembatan Siti Nurbaya.


Hari 5: hari terakhir kami di Sumatera Barat, yang kami habiskan untuk bergerak ke arah Selatan, menyusuri garis pantai. Kami melihat Teluk Bayur (pantesan ada lagunya, Teluk Bayur tuh bagus lho menurut gue), pantai Bungus sampai ke Jembatan Akar. Sumpe deh, jauhnya menta amppooonnn!!! Kami kemudian mampir sebentar di Pantai Padang, untuk menikmati rujak Padang (yang ternyata sama aja dengan rujak-rujak yang pernah gue tau).


Anyway, i had a great time in West Sumatera. Satu hal yang pasti sih, menurut gue, Sumatera Barat merupakan sebuah propinsi yang menawarkan satu paket liburan; trip di darat bisa, trip pantai dan laut juga bisa. Gue sih nggak sempet menikmati trip mantai dan lautnya, hanya a glimpse aja. Tapi, berikutnya gue ke Sumatera Barat, i will definitely try wisata lautnya.

Pengen?

Yuk, liburan keliling Indonesia (ada yang mau sponsorin gue gak?).

Foto lainnya bisa dilihat di sini. Artikel bahasa inggrisnya ada di sini.

ime'...

Comments

titiw said…
Imski!! Kemaren ke padang naik ape berapa doku..? Pengin ke sonoh cuman tiketnya kayaknya mahal amatan.. yang detail dong ceritanya.. nginep di hotal mana dan sama sapose!!
PS: Foto2nya kurang gede!!
ime' said…
[titiw]
info-info itu ntar'an yah, bu. gue blon sempet nulis itu semua. nanti dah libur natal :P

kalo' foto kurang gede, mending lo copy dari gue dah aslinya :P

Popular Posts