Pulau Biawak: One Best Spot

Setelah sekian lama gue nggak posting tentang jalan-jalan gue, kali ini, gue posting lah. Gue baru aja pulang dari Pulau Biawak, and it was awesome!!! Kalian tau nggak dimana Pulau Biawak? Ha! Gue juga baru tau sih sebenarnya letak dari pulau itu sendiri. Pulau Biawak itu terletak di daerah Indramayu, Jawa Barat. Indramayu, yang lama perjalanan ke sananya (termasuk macet) sekitar 5-6 jam, bukanlah sebuah kota yang ramai layaknya Jakarta. Biasa aja, tapi, potensi wisatanya, bos! Jangan main-main! Pulau Biawak adalah salah satunya.


Dari pelabuhan nelayan, Pulau Biawak bisa dicapai dengan kapal nelayan bermuatan sekitar 15 orang, dalam waktu 4-5 jam berlayar. Jadi, buat anda yang biasa jackpot, antimo is your very best friend. Gue pribadi perdana menenggak antimo di perjalanan ini. Gue cuman nggak pengen merusak akhir minggu gue.


Pulau pertama yang gue kunjungin namanya Pulau Gosong. Menurut ilmu kelautan (sejak kapan?), emang ini sebenarnya bukan pulau. Pada saat pasang, dia akan tenggelam (kalo' gue gak salah ngerti yah). Banyak yang bilang, pulau-pulau seperti itu disebut sebagai 'gosong'. Walau demikian, masih ada 'pendopo' di situ, yang menandakan bahwa bagian itu tentunya tidak tenggelam saat pasang tiba.

Gue sih nggak ikutan snorkeling, a bit males. Tapi, gue bisa liat betapa temen-temen gue puas snorkeling di situ. Ada yang bilang ngeliat 15 ekor NEMO (WHAAAADDDD?????), ada yang bilang ikannya sisi kanan berbeda dengan ikan-ikan sebelah kiri, ada yang bilang juga, "Males gue, banyak bulu babinya. Walaupun, bulu babinya tersusun rapi banget...". Tapi, worth to try, really.

Setelah dari Pulau Gosong, kita berlayar ke Pulau Biawak, yang jaraknya 1 jam berlayar. Sebenarnya mungkin lebih cepat, yang lama adalah 'parkir'nya (maaannn!!!). Pulau Biawak ini tidak berpenghuni. Ada juga seorang penjaga pulau, yang juga menyalakan lampu dari mercusuar yang ada. Pulau ini dihuni oleh sekitar 300 biawak, dan memiliki hutan yang amat sangat lebat; be that hutan mangrove ataupun hutan pohon-pohon biasa (gue nggak ngerti jenisnya apaan).


Salah satu atraksi yang amat sangat keren juga adalah mercusuar itu sendiri. I went to the top of it, dan menyaksikan indahnya Pulau Biawak dari atas. Dermaga putih-nya yang panjang, membelah laut Jawa dengan elegan. I'm truly amazed with such kind of view. Padahal, sebelum naik, gue tuh deg-degan setengah mati. Belakangan gue mengerti, bahwa untuk melihat keindahan karya Tuhan yang luar biasa, dibutuhkan keberanian untuk melakukannya dan untuk mengambil segala resiko yang ada. Tapi percaya deh, once you do that, you will never regret it.

Biawak-biawak di sana juga mmm... agak-agak menakutkan sih. Walaupun dibilang tidak berbahaya, tapi peringatan tetap ada; hati-hati dengan ekornya. Lucunya, biawak-biawak ini jalannya pelan, tapi kadang-kadang suka lari sendiri dengan hebohnya sambil menyapu bersih segala sesuatu yang ada di dekatnya (haaaaa????).

Gue menikmati banget tidur di dermga malam itu yang terang benderang dengan sinar bulannya dan gemerlap bintang yang rasanya banyak banget jumlahnya. Never in my life before, i had such kind of views. Dan gue beruntung, malam itu clear as crystal can be, dan hujan nggak merusak malam indah kita masing-masing. Pulau Biawak adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan akhir pekan.

Gue sangat berharap, apabila nantinya Pulau Biawak ini menjadi salah satu tempat wisata yang fenomenal, orang-orang yang mengunjunginya tidak merusak Pulau ini, sebagaimana yang terjadi pada Pulau Peucang terlebih lagi Pulau Tidung. Gue dan teman-teman seperjalanan berusaha banget untuk menghimbau kalian semua yang akan menikmati Indonesia. Kita punya tanggung jawab untuk menjaga seluruh keindahan alam ini. Kebersihannya bukan hanya tanggung jawab penduduk setempat, tapi justru tanggung jawab kita sebagai pendatang yang hanya sesaat menikmatinya. Semoga Pulau Biawak tidak menjadi kotor dan terlalu penuh dengan orang-orang sehingga mengganggu Biawak yang tinggal di situ.


For our future!


English version is in here.

ime'...

Comments

Popular Posts